Sabun Herbal Biotalk Atasi Gatal Karena Kering

Saya sudah menggunakan sabun herbal Biotalk sejak Mei 2022. Keputusan memakai sabun herbal berawal dari gatal di area betis yang sulit reda. Sering kali kulit berdarah karena saya garuk berulang. Setelah mengamati lebih jauh, ternyata kelembapan kulit yang rendah bisa memicu gatal tersebut.

Salah satu faktor yang mempengaruhi kelembapan kulit adalah rusaknya lapisan pelindung terluar. Lapisan itu bisa rusak oleh penggunaan sabun konvensional yang biasanya mengandung deterjen. Kulit mungkin terasa lebih kesat dan bersih, tapi sayangnya mudah kering juga. Akhirnya, saya mencoba beralih ke sabun herbal yang meminimalisir penggunaan bahan-bahan kimia dan deterjen supaya bisa menjaga lapisan terluar kulit.

Pilihan saya jatuh kepada Biotalk simply because iklan produk mereka sering muncul di akun media sosial. Hingga sekarang, saya sudah memakai sabun Biotalk selama satu tahun dan sudah mencoba banyak varian sabunnya.

Berikut beberapa alasan yang membuat saya betah memakai sabun herbal Biotalk.

Membantu Menjaga Kelembapan Kulit

Sabun Biotalk sudah cocok dengan kulit saya. Kelembapan kulit pun terjaga dengan baik. Meskipun tidak menggunakan produk body care lain, kulit tidak mudah kering dan teksturnya masih cukup lembut.

Keberhasilan dalam menjaga kelembapan kulit memang tidak hanya karena satu faktor. Konsumsi air dan sayuran harus selalu terjaga setiap hari. Penggunaan sabun herbal ini adalah langkah tambahan untuk menjaga kelembapan dari luar dan terbukti masih efektif hingga sekarang.

Dengan kelembapan kulit yang baik ini, saya tidak perlu membeli produk body care lain seperti lotion. Ini juga berarti penggunaan sabun herbal bisa menghemat biaya perawatan tubuh.

Gatal di Kulit Berkurang

Seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya, permasalahan gatal karena kulit kering teratasi dengan baik oleh sabun Biotalk. Manfaat itu terasa di minggu pertama pemakaian.

Biotalk mengklaim bahwa produk sabun herbal mereka memang ditujukan untuk mengurangi gatal karena eksim, psoriasis, jerawat, kulit kering dan sensitivitas kulit yang tinggi. Foundernya, Wiwik Wiral, bahkan seorang pejuang kulit eksim. Mbak Wiwik kesulitan mencari sabun yang ramah dengan kulit eksim sehingga memutuskan untuk membuat sabun sendiri.

Sabun buatan Mbak Wiwik berhasil mengurangi gatal eksim di kulitnya. Dia kemudian percaya diri untuk memperkenalkan sabunnya ke pasar.

Varian Sabun Herbal Biotalk Banyak

Berdasarkan akun Tokopedia Biotalk, mereka memiliki 13 varian sabun herbal, yaitu honey goats milk oatmeal (campuran madu, susu kambing, dan oatmeal), detox (mengandung charcoal atau arang aktif), calendula, dead sea mud (lumpur laut mati), centella, calendula, rosehip dan argan oil, anti aging (primerose oil), coffee scrub, turmeric (kunyit), binahong, kemiri, mint, dan aloe vera.

Varian yang pertama kali saya coba adalah honey goats milk oatmeal. Harumnya sangat lembut dengan wewangian seperti aromaterapi yang membuat kita nyaman dan tenang. Rata-rata sabun Biotalk memang memiliki wewangian lembut seperti ini.

Sayangnya, varin honey goat itu memiliki tekstur yang terlalu lembut. Setelah terkena air, sabun menjadi sangat lembek dan mudah hancur. Meskipun sangat menyukai wanginya, saya putuskan untuk tidak repurchase untuk varian itu.

Pembelian kedua dan ketiga, saya mencoba varian lain seperti turmeric, detox, calendula, centella, coffee scrub, dan rosehip argan. Turmeric memiliki wangi khas kunyit yang diseduh (agak mint, mirip jahe) dan tekstur yang lebih kuat dari honey goats. Saya agak kurang sreg dengan wangi turmeric sehingga mungkin tidak akan membeli varian ini lagi.

Varian detox adalah favorit saya. Walaupun wanginya tidak selembut varian lain, teksturnya tidak gampang hancur. Sensasinya lebih mengarah ke fresh, segar. Ada juga varian coffee yang tercium seperti manis kopi dan gula. Saya suka butiran kopinya, tapi tetap untuk urusan tekstur varian detox lebih baik. Untuk varian lain, tekstur dan aromanya rata-rata berkarakter sama (lembut aromaterapi). Selanjutnya, saya akan membeli varian detox lagi dan varian-varian lain yang belum pernah dicoba.

Varian yang banyak ini mungkin membuat bingung calon pembeli seperti saya dulu. Jika kalian senang aroma yang lembut dan menenangkan, honey goats, callendula, centella, rosehip argan dan coffee mungkin akan cocok. Ingin wangi yang agak sejuk atau segar? Mungkin bisa mulai mencoba detox dan turmeric.

Sabun Herbal Biotalk Multifungsi

Sejauh ini harga sabun Biotalk sekitar 50ribuan/pcs. Ukurannya lumayan besar sehingga saya biasa pakai setengah-setengah dulu. Satu sabun bisa terpakai untuk 1,5 bulan. Itu tergantung frekuensi pemakaian, tapi secara umum sabun ini bisa menghemat pengeluaran.

Sabun herbal biotalk

Selain mengurangi produk perawatan kulit, sabun ini juga bisa berfungsi sebagai pencuci muka. Dalam keadaan darurat (tidak ada pembersih wajah), saya kadang memakai sabun ini untuk mencuci muka. Sayangnya, rasanya tidak terlalu enak. Sensasi setelah pemakaian, kulit terasa berat. Tidak licin saat disentuh. Efek ini tidak begitu terasa lama. Beberapa menit kemudian tekstur kulit menjadi normal kembali.

Klaim atau manfaat dari setiap varian sabun herbal Biotalk berbeda-berda. Namun, satu hal yang pasti bahwa semua varian sabun bisa menjaga kelembapan kulit. Klaim atau manfaat selain itu tidak begitu signifikan di kulit saya. Dengan kata lain, perbedaan hanya ada pada wangi dan tekstur.

Itu merupakan saran berdasarkan varian yang pernah saya coba. Pililhan kembali kepada pribadi masing-masing. Ada varian premium lain dengan harga yang lebih mahal. Saya tidak begitu tertarik untuk membeli karena varian yang normal saja sudah bekerja baik di kulit. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *