Perbedaan Present Perfect dan Past Simple

Present perfect dan past simple adalah tenses pada bahasa Inggris yang mirip karena seolah-olah keduanya merujuk pada kegiatan di masa lalu. Namun, kedua tenses tersebut memiliki perbedaan yang mecolok, dari aspek tujuan dan waktu.

Tujuan

Past simple digunakan untuk mendeskripskan kegiatan atau aksi yang selesai di masa lalu. Biasanya pembicara mengetahui waktu kegiatan atau aksi tersebut terjadi. Contoh kalimat past simple:

– “I visited my friend yesterday.”
– “She ate dinner at 7 p.m.”
– “They studied for the exam last week.”

Sementara itu, present perfect digunakan untuk mengekspresikan kegiatan atau aksi yang terjadi di masa lalu, tapi masih memiliki hubungan atau masih berkaitan dengan keadaan sekarang. Tense ini fokus pada hasil atau konsekuensi dari sebuah aksi, bukan pada waktu kejadian. Oleh sebab itu, present perfect biasanya tidak memakai keterangan waktu yang spesifik. Contoh kalimat present perfect:

– “I have finished my homework.” (mengindikasikan sekarang PRnya sudah beres dikerjakan)
– “She has traveled to many countries.” (mengindikasikan  pengalaman di masa lalu yang masih berkaitan dengan sekarang, dari dulu sampai sekarang dia sudah berpergian ke banyak negara)
– “Have you ever visited Paris?” (menanyakan pengalaman dari dulu hingga sekarang)

Rujukan Waktu

Past simple memberikan konteks di masa lalu saja, tidak dengan masa sekarang. Sedangkan, present perfect fokus pada hubungan kegiatan di masa lalu dengan keadaan sekarang.

Penekanan masing-masing tense sangat berbeda.

Gunakan past simple apabila 1) menyebutkan kegiatan disertai waktu kejadian spesifik di masa lalu, 2) menceritakan kembali kejadian di masa lalu.

Gunakan present perfect apabila 1) menyebutkan pengalaman hidup, “berapa lama atau berapa banyak” yang telah dilakukan, 2) kejadian tersebut masih berlangsung hingga sekarang, 3) fokus pada aksi dan hasilnya saat ini.

Contoh Kasus

“Saya ingin menulis di surat lamaran mengenai pengalaman bekerja. Saya dulu pernah bekerja di perusahaan A di tahun 2008-2010, tapi saat ini sudah tidak bekerja di perusahaan tersebut.”

Kalimatnya adalah: I worked in Company A as a staff for 2 years. (Past simple)

”Saya sudah bekerja di perusahaan B selama 2 tahun dan masih bekerja di sana.”

Kalimatnya adalah: I have worked in Company B for two years. (Present perfect)

”Saya nonton film horor dua kali kemarin.”

Kalimatnya: I watched horror movies twice yesterday, in the morning and in the afternoon. (Past simple)

”Saya sudah menonton film horor ini dua kali.”

Kalimatnya: I’ve watched this horror movie twice. (Present perfect, tidak disebutkan kapan menonton film tersebut)

Kesimpulan

Present perfect dan past simple memiliki penekanan yang beda, present perfect fokus pada aksi dan kaitannya dengan masa sekarng. Sementara itu, past simple fokus menceritakan aksi yang terjadi di masa lalu saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *