Pengalaman Memakai Iconnet Garut

Saya ingin berbagi pengalaman mengenai Iconnet Garut, di daerah Tarogong. Kebetulan sinyal di area rumah ini tidak begitu baik sehingga harus memakai wifi. Sejak kurang lebih 2 tahun yang lalu, keluarga memutuskan memasang wifi dan memilih Iconnet sebagai providernya. Alasan utamanya tentu karena biaya paket unlimited yang sangat murah, kurang dari 250ribu/bulan.

Keperluan utama wifi di rumah saya tentu adalah untuk berkomunikasi. Sebelumnya, penghuni rumah lebih banyak mengakses internet dalam kategori pemakaian ringan seperti menonton video pendek di sosial media dan berkirim pesan.

Durasi pemakaian internet pun tidak begitu lama dan tidak terlalu sibuk. Paling sering memerlukan internet di pagi sampai sore hari. Alhamdulillah tidak ada masalah berarti. Dengan kata lain, Iconnet masih sangat mumpuni untuk penggunaan internet ringan.

Adapun kegiatan bermain game online, tidak terasa begitu berat, seperti Mobile Legend dan Genshin Impact. Itu pun sering dilakukan di pagi atau sore dan internet pun tidak pernah bermasalah.

Kekurangan Iconnet baru terasa muncul sekitar satu minggu ini. Kejadian ini lumayan konsisten. Sudah saya perhatikan sejak dua minggu terakhir ketika saya mulai lebih aktif berselancar di malam hari hingga larut malam. Hal yang saya rasakan adalah adanya penurunan kualitas internet yang tajam saat melewati pukul 7 atau mendekati pukul 8 malam.

Ketika bermain Genshin Impact, ping bisa mencapai 400ms. Itu mengakibatkan lag parah saat pergantian karakter sehingga pengalaman bermain game menjadi sangat buruk. Hal ini juga berdampak pada pemutaran video di berbagai media sosial seperti X, Instagram dan Youtube. Saya harus menunggu lama untuk menonton video pendek hingga habis.

Selain untuk kegiatan-kegiatan yang saya sebutkan di atas, internet masih aman digunakan. Bahkan, untuk mobile legend masih lumayan karena masih mentok di ping kuning dan setidaknya tidak pernah disconnect dari server.

Aktivitas zoom untuk belajar online pun tidak terganggu sama sekali. Kebetulan saya sedang mengikuti kelas online dari maghrib hingga isya sekitar pukul 8.30 malam. Jaringan aman dan tidak terputus atau patah-patah.

Saya mengambil kesimpulan Iconnet tidak begitu stabil. Hal itu bisa diakibatkan oleh kualitas jaringannya dan juga aplikasi yang digunakan.

Update Iconnet Garut

(Update 2 Februari 2024) Sejak pagi hingga sore hari ini Iconnet tidak bisa terhubung ke Hp dan lampu merah di router terus berkelip. Karena saya memang agak sibuk di luar rumah di pagi dan siang jadi saya biarkan saja. Pas sore, dicek kembali ternyata masih belum bisa terhubung.

Solusi yang saya lakukan tentu menghubungi customer service atau live agent Iconnet melalui WA resmi Iconnet di 081112002123. Bagi pengguna yang pertama kali menghubungi nomor tsb pasti akan merasa kesal karena hanya dibalas oleh bot dengan pesan yang menyuruh kita mendownload aplikasi. Tidak ada petunjuk (prompt) yang menuntun pelanggan untuk mendapatkan akses atau jawaban yang memuaskan.

Saking kesalnya, saya hanya menuliskan “bot bot bot”. Baru lah muncul tombol menu. Kemudian saya pilih “live agent”. Tidak berapa lama saya dihubungkan dengan CS dan langsung saya komplain. Di akhir, saya minta prosedur berhenti berlangganan, tapi dibujuk untuk pikir-pikir kembali. Saya respon akan menunda keputusan hingga Selasa.

Tidak lama kemudian, sekitar 15 menit-an, wifi sudah bisa terhubung ke Hp. Alhamdulillah… ternyata fast respon. Gak jadi pindah provider hahaha tapi saya juga gak mau kalau harus sering gangguan. Mudah-mudahan enggak lagi gangguan parah seperti hari ini.

Kesimpulan

Dari pengalaman ini, mungkin ada beberapa poin yang perlu dipertimbangkan jika ingin memakai Iconnet:

1. Masih lumayan bisa diandalkan untuk pemakaian ringan ke sedang.
2. Menambah kecepatan jika mulai ada peningkatan aktivitas yang tinggi.
3. Terkadang ada gangguan di malam hari.
4. Secara umum sering gangguan, tapi penanganan keluhan cepat.

Dari keluhan yang saya sampaikan, sejauh ini masih bisa ditoleransi dengan baik oleh keluarga. Mengingat tarifnya yang terjangkau dan kebutuhan keluarga yang tidak begitu masif dalam mengakses internet, Iconnet Garut masih cukup memuaskan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *