Pengalaman Me Time di Moz5 Garut

MOZ5 Garut, salon muslimah alias salon khusus wanita, sudah hadir di Garut sejak 4 tahun lalu. Sempat beberapa kali melintas, tapi saya belum ada kesempatan untuk mencobanya sampai suatu hari suami mengomentari gaya rambut saya di rumah. Rambut yang sepanjang punggung ini biasa saya ikat saja dan komentar dia adalah….”ehhh ibu Puan… Merdeka!… Merdeka!” Iseng banget emang tiap lagi ngobrol, suka main nyeletuk aja.. “Merdeka… Merdeka!”

Trus dia ngasih saran untuk merubah gaya rambut jadi agak pendekan. Iya, juga sih. Rambut saya makin panjang makin rusak, banyak ketombe dan berjatuhan. Memotong rambut bisa menjadi momentum untuk memulai perawatan rambut kembali.

Pencarian Salon

Saya biasa potong rambut sendiri, tapi kali ini ingin sesuatu yang berbeda dengan berkunjung ke salon. Minimal dapat cuci rambut, blow, dan sedikit pijatan.

Karena Garut ini kota yang amat kecil dan tidak merata persebaran bisnisnya, salon muslimah yang saya tahu pada waktu itu adalah Bunda Umar. Saya juga dulu lumayan sering ke sana. Selepas kuliah dan pandemi udah enggak lagi. I was broke!

Takut budget membengkak, saya cari-cari pricelist potong rambut lewat Google. Dalam proses pencarian, saya menemukan beberapa saran salon muslimah di Garut, “eh ternyata lumayan banyak juga ya… saya kira cuma Bunda Umar aja.”

Timbul lah rasa penasaran untuk mencoba salon lain. Saya melihat-lihat dan membandingkan pricelist mereka di IG dan Google. Ada satu salon yang paling mencolok dari segi harga, yaitu MOZ5.

Rata-rata treatmentnya 30-40% lebih mahal dari Bunda Umar. Penelusuran saya berlanjut ke IG mereka. Karena saya tidak menemukan IG MOZ5 Garut, saya lihat di IG pusat saja.

Dari feednya sih lumayan oke. Tempatnya nyaman, terlihat modern, cozy and warm. Dengan harga dan standar tempat yang ditawarkan itu, ekspektasi saya lumayan tinggi untuk MOZ5 ini. Tapi apakah kalian tahu saat saya datang ke tempat itu? 

Jangan kaget dan jangan suudzon dulu dengan cerita saya. Suatu usaha memang ada plus minusnya. Baca sampai akhir.

Informasi Umum MOZ5 Garut

Tergiur dengan feed IG MOZ5, saya putuskan mencoba salon ini. Moz5 berasal dari Margonda, Depok. Bisa dicari di Google untuk latar belakang usahanya, ya. Saya sempat ngobrol dengan pegawainya. Moz5 hadir di Garut sejak 2019 just right before the pandemic… begitu launching langsung tenggelam. Tough time for businesses. What a shame. Mungkin itu alasan mengapa salon  ini gak begitu terkenal di kota yang kecil ini.

Informasi treatment dan harga sangat mudah untuk didapatkan. Tinggal meluncur ke Instagram Moz5 saja. Informasi yang disajikan juga up-to-date, termasuk nomor kontak yang bisa dihubungi dan fast respon di waktu kerja.

Tentu sebaiknya kita hubungi salon dulu sebelum kedatangan. Saya pernah baca Google Review ‘jadul’ Moz5 Garut. Ada seorang user yang komplain karena tiap kali datang, salonnya tutup. Nah, supaya terhindar dari kejadian serupa, kita pastikan dengan bertanya-tanya mengenai jenis treatment yang ada dan melakukan reservasi lewat WhatsApp terlebih dahulu.

First Impression

Setelah reservasi via WA, saya datang sesuai jadwal. Tidak sulit menemukan Moz5 Garut karena lokasinya di jalanan yang lumayan ramai dengan bisnis-bisnis lain dan sekolah. Lokasinya berada di Jl. Patriot, samping Klinik Utama Mata Cicendo Garut.

Parkirannya tidak terlalu luas, lebar sepanjang bangunan salon dan hanya satu baris mobil saja. Pernah baca komentar di Google Review yang mengatakan tempat parkirnya sepi sehingga membuat was-was saat memarkirkan motor meskipun sudah ada cctv. Saya lumayan setuju dengan pendapat itu karena memang nyatanya sepi. Yah, you know lah, kejahatan terjadi karena ada kesempatan. 

Ketika saya masuk, tidak ada orang di counter depan. Saya hanya mendengar suara pegawai sedang mengobrol dan melakukan persiapan di dalam. Atmosfernya seperti masuk ke rumah orang. Saya seperti mau bertamu gitu. Aduh jadi ga enak, pas tadi masuk gak ucap “assalamualaikum” hehehe. Beberapa lama saya berdiri, ada pegawai yang lewat, dan baru lah saya disambut. 

Nah, ini mungkin sedikit saran saja untuk MOZ5 agar pegawai selalu standby di counter depan. Kedua kalinya saya datang ke sini, kejadian yang sama masih terjadi. Saat pelanggan masuk, tidak ada sambutan. Saya ucap salam beberapa kali dengan jeda dan volume suara yang lumayan kenceng, setengah berteriak, masih belum ada yang datang. Mungkin suara saya kalah sama mesin dan ramainya orang-orang yang sedang mengobrol di dalam. Oleh karena itu, coba deh sediain bel yang dikasih tanda atau sign mencolok supaya pelanggan punya cara lain untuk memanggil pegawai di sana tanpa harus ‘teriak’.

Setelah disambut, hal yang pertama dilakukan adalah melakukan konfirmasi reservasi dan mengisi buku tamu secara online. Ada barcodenya, tinggal discan. Kalau hpnya gak bisa scan, mungkin nanti dipinjami hp sama pegawainya ehhhh gak tau deh. Coba tanya sendiri nanti

Selanjutnya saya tunggu beberapa menit sementara mereka menyiapkan sesuatu. Tempat tunggunya ada di sebelah kiri pintu masuk. Nampak sangat biasa untuk harga yang tercantum di price list. Like what? Gini doang.

Moz5 Garut

Menurut saya bagian desain dan ambiencenya perlu ditingkatkan. Terlalu banyak space yang kosong. Sangat terlihat biasa saja. Termasuk pencahayaannya. Akan lebih baik jika dibikin warm dengan permainan lampu-lampu kecil yang kuning itu loh. 

Ruang tunggu

Penampakan yang lumayan agak jauh dari feed IGnya. Ya sudah lah, saya akhirnya menunggu saja di kursi besi itu.

[update Februari 2024] Kursinya sudah diganti dengan sofa yang jauh lebih nyaman.
Kursi sofa

Tak lama kemudian, ada pegawai yang datang memberikan kemben dan menuntun saya masuk menuju ruang ganti. Ruang gantinya sama seperti ruang ganti di toko. Lebih tepat disebut dengan bilik ganti. It’s not a problem for me, but yang jadi masalahnya adalah kerapihan. Ada tumpukan kemben di sana. Baiknya dirapihkan saja dari pada di tumpuk di ember. Kelihatannya seperti baju cucian. Padahal itu akan dipakai oleh pelanggan nanti.

Moz5 Garut

Secara keseluruhan, MOZ5 Garut memberikan vibes rumah tua. Ketolong sama pegawainya yang ramah dan hangat, jadi enggak serem dan bikin merinding.

Dari arah masuk tadi ada sebuah alat scan untuk melihat keadaan kulit kepala. Nah, kalau ambil treatment “hair teraphy” perjalanan kita akan dimulai dari alat scan ini. 

Di sebelah kirinya, berjajar empat tempat duduk yang berhadapan dengan cermin besar, ala ala salon. Di sebelah cermin ada pintu menuju (mungkin) ke ruangan pegawai karena terapis dan pegawainya keluar-masuk dari pintu itu. Ruang gantinya sendiri ada di bagian belakang dekat dengan tempat bilas/keramas.

Vibesnya seperti rumah banget kan? dan banyak space kosong.

Paket Treatment MOZ5 Garut

Awalnya cuma ingin potong rambut sama hair spa, tapi karena saya gampang terhasut dengan promosi akhirnya saya ambil tawaran paket Me Time 350K. Treatment yang didapat: hair teraphy, totok aura, dan shampoo. Nah, untuk totok auranya bisa diganti dengan treatment lain. Kalau di kasus saya, diganti dengan potong rambut.

Saya coba bandingkan dengan treatment serupa di salon langganan dulu ya. Potong rambut 55k + hair spa 150, total kira-kira 200ribu kalau saya treatment di salon lama. Jadi, dari segi harga sudah jelas Moz5 lebih mahal.

Tapi, jujur saja, paket Me Time ini emang bikin puas sih. Oia, karena saya sudah saling simpan nomor dengan MOZ5, banyak informasi promosi dan diskon yang saya dapatkan. Lebih informatif WAnya sih dibandingkan IG. Lewat WA itu juga saya jadi tahu kalau paket Me Time starts from 150K up to 650K. Seperti apa paket Me Time ini?

Me Time 350K di Moz5 Versi Saya 

Paket Me Time yang saya ambil adalah hair therapy, potong rambut, dan 1 buah shampoo. Beberapa proses saya sajikan singkat sebagai berikut:

  1. Scan kepala untuk melihat masalah kulit. Thanks banget, saya jadi lebih tahu penampakan kulit kepala dan rambut secara dekat. 
  2. Keramas, di sini saya sambil nanya-nanya cara keramas yang benar untuk rambut rontok dan berketombe. Tips dari pegawainya mantul sih hehe
  3. Potong rambut
  4. Hair mask
  5. Dikasih cemilan dan minuman 🙂
  6. Ozon rambut
  7. Massage/pijat kepala, pundak, punggung, dada
  8. hot stone (pijat pake batu panas)
  9. Scrub dada, punggung, tangan, dan kaki
  10. Lotion tangan, punggung, kaki
  11. Bedak punggung
  12. Bilas hair mask
  13. Hair tonic (tester) 
  14. Blow
  15. Serum (tester)
  16. Catok

Puas banget hahahaha rencananya cuma mau potong rambut dan hair spa yang cuma 1 jam, eh malah bablas jadi 2,5 jam. Kalau ingin hair spa yang cepet namanya fresh hair 137 ribu. Mungkin kalau kepepet bisa coba yang fresh hair aja. 

Oia, ada satu review juga di Google Review. Ada orang yang gak puas karena udah bayar mahal tapi durasi treatmentnya cuma sebentar. Hmmm perkiraan saya sih, mungkin beliau ambil treatment satuan.

Saya cuma mau ngasih tahu kalau pricelist Moz5 itu emang mahal untuk standar Garut. Siapin mental aja pas pertama kali datang mungkin tidak bisa memenuhi ekspektasi sesuai tingginya harga.

Saya paham kenapa ada beberapa orang yang  kecewa. Tentu itu karena ada salon muslimah lain yang menawarkan harga jauh lebih murah dengan pelayanan gak jauh berbeda dan tempat yang lebih nyaman. 

Biar tidak kecewa bisa ambil mini package dulu yang harga 150K. Ini paket yang worth it untuk kaum coba-coba dan mendang-mending karena hair spa plus plus gitu. Treatment yang kita dapatkan:

  1. Pijat punggung, dada, dan tangan
  2. cuci, blow, dry
  3. hot stone
  4. scrub dan lotion
  5. hair mask
  6. shampoo 100ml

Final Impression

Apakah saya kapok datang ke Moz5? Suprisingly, saya enggak kapok. Walaupun banyak kekurangan ini dan itu, saya malah pingin ke sana lagi. Alasan utamanya adalah tempatnya sepi serasa punya sendiri, suasananya seperti rumah, paket treatmentnya bikin puas, dan dikasih cemilan pula 😀 Plus, lokasinya dekat dengan rumah. 

Cemilan MOZ5

Produk yang dipakai juga enak banget, dari mulai harum, sensasi dan efek. Harumnya pokoknya enak, lembut. Saya ngerasa baunya seperti wafer atau biskuit gitu. Ketahanannya sekitar 12 jam. Saya juga sudah berencana untuk beli hair tonic, serum dan hair masknya. 24 jam setelah perawatan, rambut masih enak banget disentuh-sentuh, halus banget ❤️ ketombe hilang… ❤️ bikin bersemangat untuk merawat rambut.

Peningkatan untuk MOZ5 Garut

Demi kebaikan Moz5 Garut, ini beberapa hal yang perlu ditingkatkan:

  1. Keamanan tempat parkir serta kenyamanannya. Mohon maklum ini clientnya perempuan semua yang mana kebanyakan dari mereka enggak pandai parkir. Gerbangnya bisa dibuka semua aja gak sih biar gampang keluar masuk mobil, please?
  2. Design ulang tampilan, atau minimalnya pasang wallpaper dinding supaya tidak kelihatan lusuh.
  3. Rapikan ruang ganti.
  4. Bersihkan jamur di sudut-sudut ruangan, terutama di tempat lembab seperti daerah kamar mandi dan bagian bilas.
  5. Untuk harga potong rambut boleh diturunin dikit gak? 95K buat gunting rambut dan 50K buat poni terlalu mahal, kakak 🙁 kalau gak mau rugi mesti paketan Me Time, which is kemahalan.
  6. Perbanyak karpet atau bahan penyerap suara biar suara bising (musik dan mesin) tidak mantul.  

Kesimpulan

Moz5 Garut tidak begitu direkomendasikan untuk mereka yang ingin ambil treatment satuan karena kalau pingin dapat treatment yang agak lama dan enak mesti ambil paketan. Dijamin puas. Kalau cuma ambil 1 treatment kayak gunting rambut aja, udah pasti kemahalan. Nyesek.

2 thoughts on “Pengalaman Me Time di Moz5 Garut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *