Moisturizer Skintific 5x Ceramide Review

Moisturizer Skintific adalah salah satu produk yang cukup viral di Indonesia. Menggunakan embel-embel “Tasya Farasya approved” membuat saya tertarik juga untuk mencobanya, bahkan sampai repurchase.  Itu karena produk ini sangat nyaman di kulit.

Terdapat dua macam pelembap dasar yang mereka tawarkan. Pelembap berwarna biru untuk kulit kering dan warna pink untuk kulit kusam. Moisturizer Skintific berwarna biru dengan kandungan 5x ceramide adalah pilihan saya. Pelembap ini fokus melembapkan dan menghidrasi kulit, dua hal yang kulit saya sangat perlukan.

Bahan Aktif Moisturizer Skintific

Bahan aktif atau hero ingredents dari Skintific 5x Ceramide Barrier Moisture Gel terdiri dari 5 jenis ceramide (ceramide NP, ceramide NS, Ceramide AS, ceramide EOP, ceramide AP), hyaluronic acid, centella, dan marine-collagen.

Berikut komposisi moisturizer Skintific:

AQUA, BUTYLENE GLYCOL, HYDROGENATED POLYISOBUTENE, DIMETHICONE, GLYCERIN, PROPYLENE GLYCOL, 1,2-HEXANEDIOl, HYDROXYACETOPHENONE, PEG-400, VP COPOLYMER, CERAMIDE NP, CERAMIDE NS/CERAMIDE NG, CERAMIDE AS, CERAMIDE EOP, CERAMIDE AP, SODIUM HYALURONATE, HYDROLYZED COLLAGEN, CENTELLA ASIATICA EXTRACT, HYDROGENATED, LECITHIN, PANTHENOL, SQUALANE, PHYTOSTERYL/GLUTAMATE. CARBOMER, ALLANTOIN, PCA, HYDROXYETHYL ACRYLATE, SODIUM HYDROXIDE, WITCH
HAZEL EXTRACT, TREHALOSE, ECTOIN, SOPHORA FLAVESCENS ROOT EXTRACT, OPUNTIA FICUS-INDICA STEM EXTRACT, OPHIOPOGON JAPONICUS ROOT EXTRACT, YEAST POLYSACCHARIDES, PENTYLENE GLYCOL, DISODIUM EDTATOCOPHEROL POLYSORBATE 6O, T-BUTYL ALCOHOL, BITTER ORANGE FLOWER OIL, SORBITAN ISOSTEARATE, CITRUS AURANTIUM BERGAMIA BERGAMOT) FRUIT OIL, CITRUS MEDICA LIMONUM (LEMON) PEEL OIL.

Pada daftar komposisi, posisi hero ingredients berada di pertengahan. Ini masih dekat ke barisan awal sehingga kandungan bahan-bahan tersebut cukup besar. Namun, saya sangat menyoroti bahan kedua pada daftar, yaitu butylene glycol.

Review pelembap skintific

Saya bukan berasal dari latar farmasi ataupun ahli kimia, sehingga hanya bisa melakukan penelusuran melalui Google. Dari hasil penelusuran, butylene glycol diidentifikasi sebagai sejenis alkohol yang biasa dipakai dalam produk kosmetik. Memiliki fungsi untuk melembapkan dan melembutkan kulit serta membuat barrier atau lapisan untuk mengunci kelembapan.

Nah, dari deskripsi zat tadi, saya berfikir hampir semua tugas pelembap dan klaim yang ditawarkan Skintific bisa dilakukan oleh si butylene glycol ini karerna dia memiliki porsi yang sangat besar. Selain itu, jenis alkohol ini juga bisa menimbulkan sedikit komedo karena memiliki sifat menyumbat pori.

Anyway, tidak usah khawatir dengan komedo. Rating comedogenic-nya masih sangat bagus. Komedo tidak akan menumpuk dengan cepat dalam pemakaian normal harian, asal diikuti dengan proses pembersihan kulit yang baik.

Kasus berkomedo pernah saya alami ketika awal-awal memakai moisturizer Skintific. Hal ini terjadi bukan semata-mata karena pelembapnya, tapi juga hasil kombinasi dari proses pembersihan kulit yang tidak baik. Pada saat itu, sabun cuci muka saya membuat kulit kering dan tidak terlalu baik dalam melakukan deep cleansing. Akhirnya, sisa-sisa skincare lain menumpuk dan pori-pori terlihat kotor.

Setelah itu saya pergi ke klinik untuk ‘bersih-bersih’. Sekarang, sudah satu minggu, saya tidak memakai sabun cuci muka itu lagi, tapi masih memakai moisturizer Skintific. Saya mencuci muka dengan air saja dan itu sudah cukup karena sehari-hari tidak menggunakan makeup. Ajaibnya, tidak banyak komedo yang bermunculan. Pengalaman saya mempertegas bahwa pelembap skintific hampir tidak menyebabkan komedo.

Manfaat Moisturizer Skintific Biru

Skin barrier artinya lapisan terluar kulit yang membatasi antara lingkungan luar tubuh dan sistem tubuh. Lapisan ini berfungsi sebagai pelindung dan pengunci kelembapan. Moisturizer Skintific membatu lapisan itu untuk menjalankan fungsinya dengan lebih baik.

Klaim pada kemasan menunjukan dua fungsi utama produk, 1) Mengunci hidrasi (kelembapan) dan 2) Melembutkan tekstur kulit. Saya sangat setuju dengan dua klaim Skintific tersebut. Pelembap Skintific bisa memberikan kelembapan yang tinggi dan menguncinya.

Ada hal yang agak unik. Sekarang saya sudah masuk ke jar kedua, tapi saya rasa durasi produk dalam mengunci kelembapan tidak selama saat di awal pemakaian. Justru, sekarang efek melembutkannya yang meningkat.

Moisturizer Skintific bekerja secara bertahap. Mungkin pengguna tidak akan langsung mendapatkan dua manfaat tadi dalam waktu bersamaan. Mungkin saja berangsur seperti yang saya rasakan.

Tekstur

Tekstur pelembap Skintific adalah bagian yang paling disenangi. Teksturnya berupa gel yang watery. Terasa dingin dan sejuk ke kulit. Karena teksturnya yang sangat ‘basah’ ini, kita perlu menunggu beberapa saat sampai produk benar-benar menyerap ke kulit.

Review moisturizer skintific

Dengan kadar kelembapan yang diberikan, saya kira kecepatan meresapnya bisa termasuk dalam kategori cepat. Sedangkan untuk durasi melembapkan, pelembap ini bisa bertahan cukup lama. Dalam konteks kegiatan yang saya lakukan, bekerja di ruangan berAC, rata-rata bisa melembapkan sekitar 4-5 jam-an. 

Saya tidak begitu peduli dengan durasi melembapkan karena dengan senang hati saya akan retouch. Tekstur moisturizer Skintific sangat nyaman di kulit. Bahkan saya bisa pakai 3-4 kali sehari, pagi, siang, sore, malam. Tekstur yang membuat candu ini menyebabkan produk cepat habis. Akhirnya, saya repurchase.

Skintific 5x Ceramide untuk Kulit Apa?

Moisturizer Skintific berwarna biru sangat cocok untuk kulit kering yang hanya ingin fokus pada kelembapan kulit. Tidak ada efek mencerahkan sehingga pengguna yang sedang mencari peningkatan warna kulit bisa skip (lewati) produk ini dan pilih moisturizer Skintific warna pink.

Pelembap skintific untuk kulit kering

Untuk kulit berjerawat atau berpori-pori besar harus agak waspada karena kandungan zat butylene glycol bisa menyumbat pori-pori walaupun dengan jumlah sedikit. Jangan lupa memberikan perhatian pada proses cleansing agar terbebas dari komedo secara umum.

Harga Moisturizer Skintific 5x Ceramide

Harga produk Skintific sering berubah-ubah. Toko officialnya sering memberikan harga yang lebih mahal dibandingkan toko lain. Saya sering menemukan mereka mematok moisturizer 5x ceramide di harga 129ribu hingga 139ribu.

Beberapa harga yang saya ingat untuk produk ini: 1) harga normal 129ribu, 2) harga paling tinggi 139ribu, 3) harga paling rendah 109ribu, 4) harga yang sering muncul 129ribu.

Perubahan harga memang hanya strategi marketing. Akan tetapi, harga ini seharusnya bisa lebih murah lagi. Setelah melihat isi komposisi moisturizer Skintific, saya malah cenderung ingin mencoba the Originote. Banyak yang berpendapat moisturizer the Originote sangat mirip dengan moisturizer Skintific.

Ketika saya melihat akun official the Originote, mereka melakukan strategi penjualan yang sama dengan Skintific, yakni menjual barang per-paketan dan fokus pada melembapkan, tapi dengan harga yang jauh lebih murah 2-3x lipat. Sangat menggiurkan.

Skintific Travel Kit

Apabila tertarik untuk mencoba produk Skintific 5x Ceramide secara lengkap, bisa mencoba travel kit-nya yang terdiri dari cleanser, toner, moisturizer, dan sunscreen. Melihat harga dari berbagai toko, mereka menawarkan produk di harga 112ribu – 120ribu.

moisturizer Skintific

Sekian ulasan moisturizer Skintific yang bisa saya sajikan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

One thought on “Moisturizer Skintific 5x Ceramide Review

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *