Manfaat Minum Jus Wortel Setiap Hari

Dulu sempat lihat postingan di Instagram tentang challenge 30 hari minum jus wortel/sayuran. Perubahan yang diperlihatkan sangat signifikan. Kulit wajah yang awalnya gelap, kusam, bruntusan, tidak mulus, berubah menjadi jauh lebih cerah, lebih mulus dan bahkan menurut saya sih berubah warna menjadi lebih putih gitu jatuhnya.

Do I believe it? Anehnya, saya tidak percaya perubahan drastis tersebut disebabkan oleh jus wortel saja. Hanya 30 hari loh! Kalau diikuti dengan treatment intensif sih, saya percaya 😀 meskipun tidak percaya dengan hasil yang ditunjukkan orang lain, saya tetap mencoba challenge ini and I don’t regret it.

Actually mine is not 30-day challenge like those on the internet. Kebiasaan ini dimulai sejak 23 Januari 2024. Sejak saat itu pula, hampir setiap hari saya meminum jus wortel. Program saya ini hanya sebatas membiasakan diri minum jus sayuran. Dalam satu bulan, mungkin ada 2-3 hari dimana saya bolos minum jus karena harus bepergian ke luar kota.

Buat saya, ada keinginan minum jus wortel saja sudah luar biasa karena dulu saya paling tidak suka jus sayuran, terutama wortel. Rasa dan baunya sangat aneh, tidak enak. Apalagi, ibu pernah memaksa saya minum jus wortel yang katanya bisa menurunkan minus mata. Bukannya semangat, malah tambah benci wortel.

Untuk mengatasi rasa dan pengalaman buruk tersebut, saya campurkan air perasan lemon dan madu dalam pembuatan jus ini. Rasanya jauh lebih enak dan segar 😀 kenapa ibu dulu tidak berpikir untuk menambahkan bahan-bahan lain, ya? Ini asli sih enak banget. Makanya, saya masih rajin minum jus wortel sampai sekarang. 

Selain rasanya yang enak, saya bisa mendapatkan tambahan vitamin A, C, dan B6 untuk menangkal radikal bebas dan meningkatkan imunitas. Lebih jauh lagi, Vitamin A dan C terkenal bermanfaat dalam membantu kesehatan mata dan kulit juga. Ampasnya saya jadikan scrub mask. Lumayan, bisa menggantikan pembersih wajah dan exfoliator karena ada kandungan lemon juga di dalam campuran yang saya buat.

Semua manfaat di atas, saya sudah rasakan sendiri. Otot mata terasa lebih nyaman dan tidak mudah lelah ketika melihat tanpa kacamata. Mungkin ekspektasi pengurangan minus mata belum bisa saya buktikan karena belum periksa ke dokter lagi. Namun, menurut beberapa artikel yang saya baca, mata minus hanya bisa diatasi dengan LASIK, bukan jus wortel atau konsumsi vit A.

Selain mata, kulit juga terasa lebih baik. Perubahannya tidak seperti postingan di internet dulu. Warna kulit masih sama, hanya tekstur yang berubah menjadi lebih halus dan lembut. Perubahan tekstur juga terasa pada kulit badan secara umum yang menjadi lebih lembut dan lebih lembab. 

Jus wortel sedikit menggantikan fungsi skincare. Malah lebih baik karena harganya juga lebih terjangkau. Mengonsumsi sayuran dan menjauhi gorengan memang “skincare” alami yang sangat ampuh dan murah.

Saya biasa beli 1 bungkus wortel di warung. Isinya sekitar 4-5 buah, tergantung ukuran wortelnya. Harganya cuma 4ribu, dan bisa bertahan untuk 4-5 hari. Plus lemon, 1/2kg seharga 10.000,-, bisa untuk 1 minggu. Madu 77rb-100rb/1kg, terpakai selama 2 bulan tergantung pemakaian.

Nah, kalau dikira-kira, 1 gelas jus wortel per hari setara dengan 4ribu saja atau 120ribu/bulan. Budget segitu lumayan terjangkau karena jus ini bisa menggantikan beberapa produk yang memberikan manfaat pada kulit, mata, dan imunitas. Ini seperti kombinasi skincare dan suplemen.

Because of these, I’ve fallen in love with carrot <3

This is my recipe to make carrot juice:
Blender:
1 wortel
1 gelas air
Perasan air lemon
Sedikit bubuk sereh (optional)
Sedikit bubuk mint (optional)

Saring dan tuangkan jus pada gelas. Tambahkan sedikit madu.

Good luck.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *