Kymm Skin Aman?

Kymm Skin merupakan brand kecantikan lokal asal Yogyakarta, memiliki izin dari BPOM dan diformulasikan oleh dermatologist. Informasi itu saya temukan dari Instagram official dan data base BPOM. Merk produk kosmetik ini didaftarkan oleh PT. Sinergi Cosmetindo Laboratori, Kota Yogyakarta, dan 16 produknya sudah terdaftar di BPOM.

Jadi, apabila teman-teman masih mempertanyakan apakah Kymm Skin sudah BPOM? Jawabannya adalah iya, sudah. Apakah Kymm Skin aman? Iya, kemungkinan besar aman karena sudah memiliki izin edar dari BPOM.

Paket Produk

Saat menulis artikel ini, saya belum menemukan website resmi  Kymm Skin. Namun, mereka sudah memiliki akun ShopeeMall Kymmskin, Tiktok dan Tokopedia. Terlihat bahwa mereka memang sangat fokurs pada penjualan produk,

Kymm Skin memiliki beberapa jenis produk perawatan, tapi di sini saya akan mendeskripsikan berdasarkan paket-paket dasar yang ditawarkan di toko online mereka.

Pertama, ada paket glowing  beli 4 gratis 1 yang terdiri dari 4 rangkaian produk yaitu day cream, night cream, sunscreen, dan serum. Jika membeli produk paketan, pembeli bisa memilih 1 produk gratis berupa face wash atau face mist. Paket glowing bisa mangatasi masalah kulit kusam, warna tidak merata, flek dan hiperpigmentasi. Harga Kymm Skin paket glowing adalah Rp194.000,00.

Kedua, paket skin barrier dengan promo beli 3 gratis 1 terdiri atas face wash, essence toner, moisturizer, dan sunscreen (bonus). Paket ini bisa membantu menjaga barrier kulit dan membuat kulit lebih kenyal. Konsumen bisa membeli paket ini seharga Rp184.900,00.

Ketiga, paket anti aging dengan promo beli 3 gratis 1 memiliki rangkaian produk berupa face wash, essence toner, dan retinol. Produk gratis yang bisa konsumen pilih adalah sunscreen atau day cream. Paket anti aging fokus mengatasi tanda-tanda penuaan seperti kerutan dan flek. Harga yang ditawarkan untuk paket ini adalah Rp184.900,00.

Kandungan Produk Kymm Skin

Sayang sekali, saya belum bisa menemukan komposisi lengkap untuk produk Kymm Skin. Ini menjadi salah satu hal yang harus mereka tingkatkan. Ketersediaan informasi bagi para calon pembeli sangat penting. Setidaknya, mereka bisa menuliskan komposisi di kolom deskripsi produk.

Sumber informasi yang bisa saya dapatkan hanya berasal dari poster atau post di akun media sosial/toko online mereka. Pada poster paket glowing, tidak ada keterangan bahan aktif yang dipakai dalam produk. Poster lebih fokus pada jenis produk dan testimoni pengguna.

Berbeda dengan paket glowing, poster paket skin barrier menuliskan beberapa kandungan bahan aktif pada produknya. Milky glow toner essence mengandung goat milk extract (ekstrak susu kambing), hyaluronic acid dan niacinamide. Hydralux moisturizer mengandung ceramide hyaluronic, ceramide, white truffle, peptide, niacinamide dan centella asiatica. Terakhir, sunscreennya mengandung spf 50, ceramide 3, hyaluronic acid dan allantoin.

kymm skin paket skin barrier

Begitu juga dengan paket anti aging, mereka memberikan informasi bahan aktif pada dua produk utamanya, yaitu retinol dan face wash. Kymm Skin retinol gold tidak hanya mengandung retinol, tetapi juga gold extract (ekstrak emas), niacinamide, hyaluronic acid dan peptide. Sementara itu, face wash-nya mengandung niacinamide, sodium hyaluronate dan ceramide.

paket kymm skin anti aging

Logo Poster Marketing

Hampir semua poster bertuliskan berizin BPOM, dermatologically tested, aman untuk ibu hamil dan menyusui, dan bisa dipakai oleh remaja.

Saya sedikit tidak yakin dengan poster retinol gold yang berlogo “aman untuk ibu hamil dan menyusui”. Saya pikir para pecinta skincare sudah tidak asing dengan retinol dan sudah menjadi pengetahuan umum bahwa produk retinol sebaiknya dihindari ibu hamil dan menyusui karena zat tersebut bisa masuk ke aliran darah dan ASI – Apakah retinol aman untuk ibu hamil?

Logo ibu hamil pada kosmetik

Dengan memberikan logo ibu hamil, Kymm Skin seolah mendorong penggunaan retinol pada kelompok tersebut, yang mana bertolak belakang dengan rekomendasi para pemerhati kesehatan pada umumnya.

Ada pula logo “dapat digunakan dari usia 12 tahun” untuk paket produk anti aging. Mungkin produk face wash dan toner-nya bisa dan cocok untuk pengguna usia remaja, tapi penggunaan retinol bagi remaja kurang efektif. Mereka masih muda sehingga tidak memerlukan produk anti aging.

logo remaja untuk produk anti aging

Saya harap Kymm Skin bisa mempertimbangkan kembali peletakan dan penggunaan logo-logo tersebut pada poster penjualannya.

Harga Kymm Skin

Harga Kymm Skin ada di range Rp42.900,00 hingga Rp77.000,00 per produknya. Harga ini sebenarnya termasuk kelas menengah bawah. Namun, mereka tidak memberikan informasi berupa komposisi produk atau pun presentase kadar bahan aktif yang digunakan sehingga mau tidak mau kita harus beli produk ini terlebih dahulu sebelum menganalisis lebih jauh.

Proses membeli untuk coba-coba ini lah yang membuat harga produk menjadi “mahal”. Bisa jadi calon konsumen baru mengetahui produk tersebut mengandung zat pemicu alergi setelah pembelian. Akhirnya, produk menjadi sia-sia.

Informasi komposisi lengkap sangat penting juga bagi ibu hamil dan menyusui serta pemilik kulit sensitif. Bagi ibu hamil dan menyusui, contohnya, perlu menjauhi produk yang mengandung retinol. Bagi pemilik kulit sensitif perlu menjauhi zat pemicu sensitivitas.

Sekian informasi yang bisa saya sajikan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *