Cream HN Apakah Sudah BPOM?

Cream HN pernah saya bahas pada tahun 2021 di blog yang lama saat berita tentang krim abal-abal mencuat. Orang-orang mulai membuka mata tentang keamanan produk kecantikan dan makin sadar terhadap pentingnya nomor registrasi BPOM. Nomor BPOM adalah bukti perizinan dan kelayakan pakai yang menerangkan bahwa produk tersebut seharusnya terbebas dari bahan-bahan terlarang atau berbahaya.

Sudah dua tahun berlalu, saya ingin mengetahui sejauh mana produk ini berkembang karena nyatanya tidak sedikit orang yang masih memakai Cream HN.

Asal Usul

Cream HN adalah salah satu merk kosmetik lokal yang sering dikaitkan dengan kosmetik abal-abal. Penampilan produknya yang sangat polos memudahkan pihak lain dalam memalsukan produk mereka. Apalagi, informasi penting, seperti komposisi dan informasi manufaktur, tidak tertera pada kemasan.

Terdapat sebuah website, mengatasnamakan HN official website, yang menjadi sumber informasi bagi para pengguna. Sayangnya web tersebut tidak begitu informatif. Mereka menampilkan produk tanpa deskripsi. Pengguna hanya bisa mendapatkan informasi harga paket, klaim dan nomor BPOM.

Saya sangat ingin tahu bagaimana asal-usul atau owner dari HN ini. Dulu sempat beredar cerita simpang siur bahwa HN adalah singkat nama dari seorang dokter, yaitu dr. Hetty Nugrahati. Beliau konon adalah peracik krim ajaib ini. Setelah meninggal, resep itu diwariskan kepada anak-anaknya hingga sekarang.

Cerita owner Cream HN ada beberapa versi. Sejauh ini belum ditemukan pernyataan resmi terhadap keaslian cerita yang beredar.

Apakah Cream HN sudah BPOM?

Berdasarkan official websitenya, terdapat dua produk HN Platinum yang sudah berBPOM dengan nomor registrasi NA18170100905 untuk krim malam dan NA18170100904 untuk krim siang. Namun, tidak ada informasi nomor BPOM untuk produk lainnya.

Kedua nomor tersebut terdaftar atas nama PT. Cipta Sarana Kenayu Lestari, Bogor, di tahun 2022. Dengan demikian, Cream HN baru resmi mendapatkan izin edar BPOM satu tahun terakhir ini, yang terbatas pada dua produk saja, yaitu HN Platinum day cream dan night cream.

Perbedaan Cream HN Ori dan KW?

Pihak Cream HN merasa banyak produk tiruan sehingga mereka memberikan informasi untuk membedakan produk asli dan tiruan. Informasi yang disediakan adalah sebagai berikut:

  1. HN asli dikemasan dalam dua kemasan yang berbeda yaitu kemasan HN small dan juga HN big
  2. Kemasan besar ditandai dengan garis lingkar berwarna putih dan kemasan kecil dihiasi garis melingkar berwarna emas.
  3. Krim memiliki penampilan warna yang cenderung terlihat jernih dengan kombinasi kekuning-kuningan.
  4. Produk krim bertekstur sangat lembut dengan kombinasi krim malam yang terlihat berwarna putih layaknya susu.
  5. Sabun cair memiliki warna kuning dengan sedikit kemerahan sekaligus bertekstur kental. aroma yang sangat harum dengan busa yang banyak.

Informasi ini masih terlalu umum karena sebenarnya akan sangat sulit membedakan Cream HN ori dan KW. Hal ini disebabkan pengemasan produk yang sangat sederhana dan branding yang belum baik.

Yang jelas, pada data BPOM hanya ada dua produk yang terdaftar. Para calon pembeli patut berwaspada apabila tertarik untuk mencoba produk yang lainnya.

Saya belum mencoba produk HN dan mungkin tidak akan mencoba. Sangat sedikit blogger yang mengulas produk tersebut. Sejauh ini, blog Diary Muslimah menjadi pemilik testimoni yang paling meyakinkan. Poin penting pada tulisan itu adalah 1) tekstur krim lengket, 2) cara kerja produk adalah mengelupaskan kulit, 3) menyebabkan kulit gatal.

Dengan ciri-ciri di atas sudah sepantasnya pembeli waspada akan bahaya yang mengintai, baik itu faktor luar seperti pemalsuan produk maupun faktor dalam seperti komposisi produk.

Sekian hasil penelusuran terhadap Cream HN. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *