Animate: Skincare Murah Meriah

Animate merupakan brand kecantikan asal Indonesia yang didistribusikan oleh PT. Pesona Estetika Internasional. Mereka memiliki website resmi di alamat animate.co.id yang memudahkan konsumen untuk berkenalan dan mencari informasi resmi mengenai produk mereka.

Beberapa selling point Animate langsung muncul di halaman utama websitenya. Produk-produknya sudah memiliki izin edar dari BPOM, bersertifikat halal, cruelty free, teruji klinis, non-comedogenic dan bebas paraben.

Di bagian akhir halaman utama, terdapat nama dr. Rizqi Amenia beserta video promosi dari YoutTube. Ternyata terdapat kesalahan penulisan, yang seharusnya adalah dr. Rizqi Aminia. Saya kira beliau adalah founder Animate, tapi ternyata hanya sebatas endorser atau pemberi rekomendasi saja.

Untuk memudahkan proses pembelian, Animate memiliki akun resmi di sebuah marketplace ShopeeMall Animate Official Shop. Identitas brand ini sudah jelas mulai dari website dan akun jualan resmi.

Ada satu hal yang tidak relevan pada website Animate, yaitu pada bagian tab inspirasi. Setelah saya cek, artikel-artikel pada kategori itu tertulis dalam bahasa asing, seperti bahasa Inggris dan Jerman. Isi artikel pun tidak sesuai dengan topik “inspirasi” atau tema “kecantikan”. Ini seperti feed otomatis dari website luar.

Itu mungkin bagian dari teknik marketing untuk meningkatkan pencarian kata kunci bisnis mereka. Namun, bagian “inspirasi” dengan artikel yang tidak relevan justru menurunkan tingkat kredibilitas karena terlihat asal-asalan.

Itu adalah pandangan sekilas mengenai brand Animate. Selanjutnya saya menelusuri produk-produk dan klaim mereka.

Apakah Animate sudah BPOM?

Pada data base BPOM, terdapat 143 data produk yang terdaftar dengan merk Animate. Pendaftarnya adalah PT. Multi Prestasi Mas. Data ini secara umum menunjukan bahwa Animate memiliki izin edar dan telah memenuhi standar keamanan produk kecantikan. Minimalnya, tidak ada zat berbahaya seperti hydroquinone atau merkuri pada produk mereka.

Klaim Produk

Animate memiliki banyak produk kecantikan. Setidaknya terdapat tiga series utama dalam paketan produknya, yaitu  instant whitening series, acne solution series, dan glowing barrier skin repair series (glowing series).

Paket instant whitening series memiliki 5 rangkaian produk untuk mencerahkan kulit wajah dalam waktu 7 hari. Paket instant whitening terdiri atas facial wash, day cream, night cream, toner dan serum. Kandungan unggulannya adalah niacinamide 10%, hyaluronic acid, dan vitamin E. Mereka mengklaim produk ini aman untuk ibu hamil dan menyusui.

Animate instant whitening series

Series selanjutnya adalah acne solution series untuk masalah kulit berjerawat yang juga terdiri dari 5 rangkaian produk, yaitu facial wash, toner, day cream, night cream dan serum. Bahan utama pada rangkaian ini cukup banyak, yakni salicylic acid, tea tree oil, hyaluronic acid, niacinamide 5%, cantella asiatica, aloe vera extract dan chamomile extract. Terdapat logo aman untuk ibu hamil dan menyusui.

Animate acne solution

Salicylic acid pada acne solution series memiliki karakter mengelupaskan kulit. Zat itu sangat berguna untuk mengganti sel-sel kulit mati. Saya pikir pemilik kulit berjerawat dan sensitif perlu mewaspadai zat ini dan sebaiknya meminta ulasan dari pengguna secara langsung untuk melihat tingkat eksfoliasinya.

Series terakhir adalah Animate glowing series yang berfokus pada perawatan dan perbaikan lapisan kulit dengan tone-up atau efek kecerahan medium. Bisa mencerahkan dalam waktu 7 hari pemakaina. Hero ingredients yang tertulis meliputi veryberryTM white, niacinamide, ceramide dan albatin. Pada paket penjualan, terdapat 5 rangkaian produk berupa facial wash, toner, day cream, night cream dan serum.

Animate glowing series

Bahan Aktif Produk

Sejauh ini saya belum berhasil menemukan gambar atau informasi mengenai komposisi lengkap setiap produk Animate. Webiste resmi dan akun toko online mereka juga tidak menampilkan daftar zat yang terkandung pada produk secara lengkap.

Ini cukup fishy alias mencurigakan. Apakah mungkin mereka melakukan gimmick marketing seperti the Originote?

Pasalnya, klaim niacinamide 10% dan 5% hanya pada Animate instant whitening dan acne solution night cream dengan harga kurang dari 40ribu. Sangat murah sekali. Mereka juga tidak menunjukan komposisi lengkap untuk setiap deskripsi produk pada website dan akun resminya. Dengan demikian, klaim niacinamide 10% dan 5% masih terdengar kurang meyakinkan.

Harga Produk Animate

Harga paket-paket dasar di atas dijual dengan harga Rp99.000,00 hingga Rp109.000,00 per paket. Ada pula harga paket kombo dengan harga lebih mahal.

Walaupun mereka menuliskan bahwa harga tersebut berupa harga diskon, tapi saya pikir itu sudah harga asli atau harga standard untuk produk Animate. Lebih dari itu sudah termasuk kategori “tidak worth buying”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *